Rabu, 19 September 2018

Ingat 3P untuk perencanaan keuangan keluarga yang ideal

Mama mungkin pernah dengar istilah "Jadi ibu harus serba bisa"?
Harus bisa jadi koki, jadi guru, jadi tukang ojek 😂

Rasanya bekal ilmu yang kita dapatkan selama sekolah masih belum cukup untuk menjadi ibu yang ideal. Salah satu keahlian yang harus dimiliki setiap ibu adalah bijak mengelola keuangan. 
Apalagi di era milenial seperti saat ini kebutuhan kita makin meningkat,  tentu tidak mudah menyiasatinya. 

Sejujurnya, saya sendiri masih sering kesulitan dalam mengelola keuangan apalagi saat sudah menikah dan punya anak, mengatur keuangan keluarga menjadi hal yang menantang setiap bulannya. Padahal keuangan keluarga yg dikelola dengan baik akan mewujudkan masa depan yang cemerlang, lho... Beruntung nya pada tanggal 30 Agustus 2018 lalu saya bisa menghadiri acara @ibuberbagibijak bersama PT. VISA Indonesia yang Rutin mengadakan program edukasi tentang perencanaan keuangan. Acara yang diadakan di RPTRA Ciganjur Berseri kali ini tidak hanya dihadiri oleh ibu-ibu blogger, namun juga para ibu dari HIMPAUDI. #IbuBerbagiBijak terus melakukan inovasi agar lebih banyak lagi wanita Indonesia yang terbuka akan literasi keuangan. Keren, bukan?


Cerita sedikit Saat menjalankan bisnis Rumah Nabati pun, saya belum mampu mengelola keungan dengan baik. Hingga akhirnya, financial advisor favorit saya, mbak Prita Ghozi memberikan beberapa jurus andalan dalam mengatur keuangan keluarga yang saya rangkum dalam 3P.

1. Periksa Kondisi Kesehatan Keuangan.
Tidak hanya tubuh, kita juga perlu tahu kondisi kesehatan keuangan kita. Sehat, kah? Sakit, kah? Atau malah kritis? Berikut adalah cara mudah menimbang dan mengukur kondisi keuangan kita. 
-Hutang maksimal 30%
-biaya hidup tidak boleh lebih dari 50%
-paham prioritas keluarga
-memiliki dana darurat minimal 3 kali pengeluaran rutin
-memiliki dana tabungan u/ rencana investasi masa depan.

2. Pahami alokasi dana yang tepat.
Mbak Prita berbagi tips jitu mengatur keuangan yang ideal agar dana yang masuk dapat dialokaskan dengan benar, antara lain:
Sedekah/infak 5%
Assurance 10%
Biaya hidup 30%
Cicilan pinjaman 30%
Investasi 15%
Gaya hidup 10%

3. Pastikan Rencana Keuangan sudah tepat.
Setelah melewati dua proses sebelumnya, tentu mama sudah memiliki bayangan tentang rencana keuangan keluarga, bukan? Dengan adanya angka yang jelas dalam mengelola keuangan ideal tentu akan memudahkan dalam perencanaan. Jika akan berbisnis pastikan rekening keluarga dan bisnis terpisah agar lebih mudah dalam pengelolaan. 

Tips memulai bisnis rumahan juga disampaikan oleh mbak Gladies Rachman. Kunci sukses Dapur Gladies adalah konsistensi dan disiplin dalam mengelola keuangan. Selain memang rasa browniesnya lezat, mbak Gladies juga rajin berbagi resep makanan sederhana di blog dan sosial medianya agar lebih banyak lagi orang yang tertarik pada produk yang ditawarkan olehnya.




Itu tadi beberapa strategi yang saya dapatkan saat workshop. Semoga lebih banyak lagi Ibu-ibu Indonesia yang paham literasi keuangan agar masa depan keluarga lebih sejahtera. aamiin...

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino :

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK
    - PERANG BACCARAT ( GAME TERBARU )


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    Blog : Artikel SahabatQQ

    Daftar SahabatQQ

    BalasHapus